Antara UN 2007 dan Tim Independent

-Ujian Nasinal tahun 2007 i8ni, tak jauh beda dengan Ujian Nasional tahun sebelumnya. Kesamaannya, sama-sama diawasi oleh tim independent. Kalau dulu tim independenntnya untuk tingkat desa dari pihak kecamatan, dan khabarnya untuk UN 2007 ini tim independentnya dari kalangan Perguruan Tinggi.

Bagi kita, siapapun yang ditunjuk untuk jadi pengawas sebagai Tim Independent sama saja. Yang penting dari pelaksanaan Ujian Nasional itu bisa dilaksanakan dengan lancar, sesuai dengan peraturan dan jadwal yang telah dikeluarkan oleh pemerintah, dalam hal ini pihak Departemen Pendidikan Nasional.

Kita pasti akan sepakat, bahwa kehadiran para tim independent itu hanyalah untuk melihat secara langsung pelaksanaan ujian nasional itu, dan kalau ada ditemukan elemahan-kelemahan dalam pealaksanaannya akan bisa dijadikan sebagai pedoman untuk melaksanakan perbaikan pada ujian nasional tahun berikutnya.

Yang perlu kita jaga, tentu saja hendaknya para tim independent yang barangkali sudah ditetapkan orangnya melalui SK , jangan sampai menimbulkan persoalan baru. “jangan sampai orang atau penyelenggaran Ujian Nasional tersebut merasa takut akan kehadiaran tim independent tersebut,” kata salah seorang guru beberapa waktu lalu pada penulis.

Barangkali apa yang dikatakan oleh guru itu ada benarnya bila para tim independent ini terlalu over akting. Yang jelas saat ini bagaimana bisa kita ciptakan suasana harmonis antara pelaksana Ujian Nasional itu dengan tim independent sama-sama punya niat yang baik untuk membantu agar pelaksanaan Ujian Nasional 2007 itu benar-benar dapat dilaksanakan sesuai petunjuk dari pemerintah.

Para tim independent yang kalau dilihat dari tugasnya, yakni akan mengawasi secara langsung pelaksanaan ujian nasional mulai dari pendistribusian soal sampai pada pengiriman kertas jawaban, kalau memang dilaksanakan secara terorganisasi maka kita yakin hasilnya akan bisa memuaskan.

Namun kalau ada tim independent itu yang melaksanakan tugas dengan hanya setengah-setengah maka hasil yang diharapkan tentu juga akan lain. Misalnya saja, untuk daerah tertentu tim independent yang ditunjuk betul-betul melaksanakan pengawasan secara ketat, semenatara daerah lainnya pengawasannya agak longgar. Maka hasilnyapun akan sangat berbeda antara satu sekolah dengan sekolah laiinya.

Yang jelas sekarang, bagaimanapun juga tim independent itu, hendaknya jangan sampai menjadi “polisi” dalam pelaksanaan Ujian Nasional, sehingga menjadi pekerjaan baru bagi penyelenggara ujian atau sekolah. Sekarang kita bulatlkan tekat, bagaimana agar pelaksanaan Ujian Nasional 2007 ini betul-betul bisa dilaksanakan sesuai Undang-undang dan petunjuk-petunjuk yang dietapkan oleh pemerintah.

Sekarang siapapun yang merasa ikut terlibat dalam penyelenggaraan Ujian Nasional 2007 itu, marilah sama-sama kita dukung, sehingga ujiam nasional 2007 ini betul-betul dapat dilaksanakan dengan baik sesuai dengan jadwal yang ditetapkan untuk berbagai tingkat dan jenjang pendidikan. Mari sama-sama kita dukung UN 2007, dengan keikhlasan dan rasa tanggungjawab yang tinggi untuk memajukan pendidikan di tanah air kita..*Wannef Jambak.

Tentang GURU TAPTENG

KUMPULAN
Pos ini dipublikasikan di Tentang UN 2007. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s