Bila Anak Gagal Dalam UN 2007 Jangan Saling Menyalahkan

Kebiasaan saling menyalahkan dalam berbagai hal apapun jelas tidak kita inginkan. Termasuk dalam hal anak kita yang ikut dalam menghadapi Ujian Nasional 2007 yang waktunya sudah dekat ( Meniggu ketiga April 2007–pen). Kebiasaan nada-nada sumbang yang selama ini seriang terngiang ditelinga kita adalah ocehan-ocehan.

Ocehan-ocehan itu, diantaranya kalau ada seorang anak yang gagal dalam menghadapi Ujian, apalagi Ujian Nasional, maka yang sering disalahkan adalah para gurunya. Sementara kalau ada anak yang berhasil lulus dengan nilai yang sangat memuaskan, maka yang dipuji orang adalah orangtuanya, ” Wah anak Bapak, hebat-hebat semua , ya ??” kata teman orangtunya memuji.

Dalam keadaan seperti ini, janganlah sampai terjadi ada yang saling menyalahkan. Para guru setiap hari, setiap jam, bahkan kap[an saja, termasuk setelah pulang sekolah, maksudnya diluar jam kerja, juga masih setia dan senang hati melayani anak didiknya. Semua ini dengan harapan, bagaimana agar anak didiknya bisa lulus dengan nilai yang baik. Kalau guru yang memujinya siapa ?

Para guru, tidak mengharapkan pujian. Yang diharapkannya adalah bagaimana agar para anak didiknya ini, pada suatu saat akan bisa menjadi “orang” , yang bisa berguna bagi didirnya sendiri, dan masyarakat luas. Para guiru hanya berharap, kalau nanti para mantan siswanya ini sudah berhasil jadi “macam-macam” . kalau lewat ditempat jalan yang becek, atau tergenang air, supaya agak lambat, agar baju mantan guru yang sedang lewat dengan jalan kaki jangan kena semprotan air lumpur, akibat ban mobil mewah bekas muridnya yang sedang lewat. Hanya itu saja.

Sekarang, jangan ada yang saling menyalahkan. Tingkatkan kerjasama yang baik, orangtua mendidik anaknya di rumah, dan para guru mendidik anaknya di sekolah, dan pemerimntah menyediakan fasilitas. Sekarang mari kita upayakan anak kita berhasil, dan jangan saling menyalahkan.–Wannef Jambak.

Tentang GURU TAPTENG

KUMPULAN
Pos ini dipublikasikan di Tentang UN 2007. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s