FORMAT RPP TIK KELAS IX SMP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SMP/MTs contoh RRP TIK Kelas IX semester I klik disini> :
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi & Komunikasi (TIK)
Kelas/Semester : IX (sembilan) / 1 (satu)
Standar Kompetensi : Memahami dasar – dasar penggunaan Internet/intranet
Kompetensi Dasar : 1.1. Menjelaskan pengertian dasar-dasar Internet/Intranet
Indikator : · Menjelaskan pengertian internet · Menjelaskan pengertian intranet
Alokasi Waktu : 1 x 40 menit

1. Tujuan Pembelajaran
Setelah melalui studi pustaka, peserta didik mampu :
· Menjelaskan pengertian internet dengan benar
· Menjelaskan pengertian intranet dengan benar

2. Materi Pembelajaran
· Pengertian Internet/intranet

3. Metode Pembelajaran
Pendekatan : Contekstual Teaching Learning (CTL)
Model : Cooperatif Learning

4. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan pendahuluan
· Menanyakan kepada peserta didik macam – macam Teknologi Informasi
· Menyampaikan tujuan pembelajaran
· Peserta didik membentuk kelompok diskusi
2. Kegiatan Inti
· Kelompok mengerjakan sesuai dengan LKS
· Peserta didik menemukan pengertian internet dan intranet
· Kelompok membuat resume tentang pengertian internet dan intranet
· Melakukan presentasi kelompok
3. Kegiatan penutup
· Menarik kesimpulan pengertian internet dan intranet

5. Sumber Belajar
Komputer, lembar kerja, buku paket,.

6. Penilaian
1. Teknik
Tes tertulis
2. Bentuk Instrumen
Uraian
3. Instrumen/Soal
1. Jelaskan pengertian Internet!
2. Jelaskan pengertian Intranet!

Malang, 26 Juli 2006
Guru Mata Pelajaran TIK

…………………………….
NIP. :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SMP/MTs :
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi & Komunikasi (TIK)
Kelas/Semester : IX (sembilan) / 1 (satu)
Standar Kompetensi : Memahami dasar – dasar penggunaan Internet/intranet
Kompetensi Dasar : 1.2. Memahami dasar-dasar sistem jaringan di Internet/Intranet
Indikator : 1. Menjelaskan dasar-dasar sistem jaringan internet2. Menjelaskan dasar-dasar sistem jaringan intranet
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit

A. Tujuan Pembelajaran
Melalui studi pustaka, peserta didik mampu :
· Menjelaskan dasar-dasar sistem jaringan internet dengan benar
· Menjelaskan dasar-dasar sistem jaringan intranet
· Menggambar topologi jaringan internet/intranet

B. Materi Pembelajaran
· Dasar-dasar jaringan internet/intranet

C. Metode Pembelajaran
Pendekatan : Contekstual Teaching Learning (CTL)
Model : Cooperatif Learning

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
pertemuan pertama ( 2 x 40 )
1. Kegiatan pendahuluan
· Mengingatkan kembali pelajaran sebelumnya tentang pengertian internet/intranet
2. Kegiatan Inti
· Mengamati visualisasi jaringan internet/intranet (workgroup, LAN, WAN)
3. Kegiatan penutup
· Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
· Menarik kesimpulan tentang pembelajaran dasar-dasar jaringan internet/intranet

E. Sumber Belajar
Komputer, lembar kerja, buku paket, koneksi internet, tayangan.

F. Penilaian
1. Teknik
Tes tertulis
2. Bentuk Instrumen
Uraian
3. Contoh Instrumen
1. Jelaskan pengertian jaringan Internet!
2. Jelaskan pengertian jaringan Intranet!

Malang, 26 Juli 2006
Guru Mata Pelajaran TIK

…………………………….
NIP. :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SMP/MTs :
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi & Komunikasi (TIK)
Kelas/Semester : IX (sembilan) / 1 (satu)
Standar Kompetensi : Memahami dasar – dasar penggunaan Internet/intranet
Kompetensi Dasar : 1.3. Mengenal ukuran kecepatan akses Internet
Indikator : 1. Menjelaskan ukuran kecepatan akses internet2. Mengindentifikasi ukuran kecepatan akses internet berdasarkan saluran yang digunakan
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit

A. Tujuan Pembelajaran
Melalui studi pustaka , peserta didik mampu :
· Mengetahui ukuran kecepatan akses internet
· Mengidentifikasi ukuran kecepatan akses internet berdasarkan saluran yang digunakan.
· Menentukan ukuran kecepatan akses internet berdasarkan saluran yang digunakan.

B. Materi Pembelajaran
· Ukuran kecepatan akses internet

C. Metode Pembelajaran
Pendekatan :Contekstual Teaching Learning (CTL)
Model : Cooperative learning

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
pertemuan pertama ( 2 x 40 )
1. Kegiatan pendahuluan
· Mengingatkan kembali materi dasar-dasar jaringan internet/intranet
· Menyampaikan tujuan pembelajaran
2. Kegiatan Inti
· Mencari informasi dari sumber belajar tentang kecepatan akses internet
· Melakukan akses internet dengan koneksi salah satu ISP untuk mengukur kecepatan akses
4. Kegiatan penutup
· Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
· Menarik kesimpulan tentang ukuran kecepatan akses internet

E. Sumber Belajar
Komputer, lembar kerja, buku paket, koneksi internet.

F. Penilaian
1. Teknik
Tes tertulis
2. Bentuk Instrumen
Uraian/pilihan ganda
3. Contoh Instrumen
1. Jelaskan ukuran kecepatan akses internet
2. Indentifikasikan ukuran kecepatan akses internet sesuai dengan koneksi internet yang tersedia

Tes tertulis
1. Sebutkan kecepatan akses internet pada ISP ;
a. Indosat3,
b. Accesnet,
c. Wasantara
2. Tentukan kecepatan akses internet dengan menggunakan ISP Telkomnet.

Lembar observasi
Instrumen Skala Kuantitas Nilai 1[(Jumlah / 8 )x10]
1 2 3 4
1. Men-dial up koneksi pada salah satu ISP2. Menunjukkan akses kecepatan ISP Telkomnet Instant

Malang, 26 Juli 2006
Guru Mata Pelajaran TIK

…………………………….
NIP. :

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SMP/MTs :
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi & Komunikasi (TIK)
Kelas/Semester : IX (sembilan) / 1 (satu)
Standar Kompetensi : Memahami dasar – dasar penggunaan Internet/intranet
Kompetensi Dasar : 1.4. Mengidentifikasi perangkat keras yang digunakan dalam akses Internet/Intranet
Indikator : 3. Mengidentifikasi perangkat keras beserta fungsinya untuk keperluan akses Internet4. Mengidentifikasi perangkat keras beserta fungsinya untuk keperluan akses intranet
Alokasi Waktu : 8 x 40 menit ( 2 x Pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu :
· Mengidentifikasikan perangkat keras beserta fungsinya untuk keperluan akses internet
· Menunjukkan perangkat keras untuk akses internet/intranet

B. Materi Pembelajaran
· Persyaratan perangkat keras internet/intranet

C. Metode Pembelajaran
Pendekatan : Contekstual Teaching Learning (CTL)
Model : Cooperative Learning

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
pertemuan pertama ( 2 x 40 )
1. Kegiatan pendahuluan
· Menyampaikan tujuan pembelajaran
2. Kegiatan Inti
· Menyajikan model / diagram jaringan internet
· Peserta didik dapat menunjukkan perangkat keras
· Disajikan gambar perangkat keras internet dan peserta didik mampu menjodohkannya dengan istilah yang telah ditentukan
· Melalui studi pustaka peserta didikdapat menjelaskan fungsi dari perangkat yang digunakan untuk mengakses internet
5. Kegiatan penutup
· Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
· Menarik kesimpulan tentang prasyarat perangkat keras akses internet

pertemuan kedua ( 2 x 40 )
1. Kegiatan pendahuluan
· Menanyakan kembali mengenai materi yang pernah disampaikan pada pertemuan pertama
2. Kegiatan Inti
· Melakukan pengamatan terhadap perangkat keras yang ada
· Menunjukkan nama alat-alat untuk akses internet seperti modem, jaringan telepon dan lain – lain
· Memberikan penjelasan mengenai fungsi perangkat keras
6. Kegiatan penutup
· Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
· Menarik kesimpulan tentang perangkat keras yang dipakai untuk akses internet

E. Sumber Belajar
Komputer, lembar kerja, buku paket, koneksi internet.

F. Penilaian
1. Teknik
Tes Unjuk kerja
Tes Tertulis
Tes Unjuk kerja
2. Bentuk Instrumen
Tes Identifikasi
Uraian
Tes Identifikasi
3. Contoh Instrumen
1. Tunjukkan perangkat-perangkat keras untuk akses internet!

Tes tertulis
3. Jelaskan ukuran kecepatan akses internet
4. Tentukan kecepatan akses internet dengan menggunakan ISP Telkomnet.

Lembar
Instrumen Skala Kuantitas Nilai [(Jumlah / 8 )x10]
4 3 2 1
Menunjukkan perangkat keras untuk akses internet serta menjelaskan fugsinya masing-masing
1. Modem External
2. Modem Internal
3. Lan Card
4. Komputer
5. Kabel UTP (Unshield Twist Pair)
6. Wireles adapter
7. Konektor RJ 45
8. Switching

Malang, 26 Juli 2006
Guru Mata Pelajaran TIK

…………………………….
NIP. :

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SMP/MTs :
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi & Komunikasi (TIK)
Kelas/Semester : IX (sembilan) / 1 (satu)
Standar Kompetensi : Memahami dasar – dasar penggunaan Internet/intranet
Kompetensi Dasar : 1.5. Melakukan berbagai cara untuk memperoleh sambungan internet/intranet
Indikator : 1. Menguraikan cara-cara penyambungan internet/ intranet2. Melakukan sambungan internet menggunakan Dial-Up
Alokasi Waktu : 4 x 40 menit ( 2 x Pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu :
· Dengan melalui studi pustaka peserta didikdapat menjelaskan beberapa cara sambungan internet
· Melalui simulasi dapat melakukan sambungan Dial-Up
· Dengan pengalaman simulasi dapat melakukan sambungan di lab. Computer secara Dial-Up

B. Materi Pembelajaran
· Penyambungan Internet / Intranet

C. Metode Pembelajaran
Pendekatan : Contekstual Teaching Learning (CTL)
Model : Cooperative Learning

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
pertemuan pertama ( 2 x 40 )
1. Kegiatan pendahuluan
· Menyampaikan tujuan pembelajaran
· Menanyakan tentang prasyarat menggunakan akses internet
2. Kegiatan Inti
· Mencari informasi di media cetak untuk memperoleh berbagai cara sambungan internet
· Menayangkan contoh sambungan internet / intranet
· Mengerjakan lembaran kerja
3. Kegiatan penutup
· Melakukan refleksi bersama tentang pelajaran yang baru disampaikan
· Membuat kesimpulan
· Memberi tugas
Perteman kedua (2 x 40)
1. Kegiatan pendahuluan
· Mendeskripsikan tugas minggu lalu
2. Kegiatan Inti
· Peserta didik membentuk kelompok
· Melakukan penyambungan internet secara Dial-Up
· Memandu kelompok yang mengalami kesuitan tentang penyambungan dial up antar kelompok dengan guru
· Memberikan penghargaan kepada kelompok atau siswa
3. Kegiatan penutup
a. Mendeskripsikan kembali langkah – langkah tentang penyambungan Dial-Up

E. Sumber Belajar
Komputer, lembar kerja, buku paket, koneksi internet.

F. Penilaian
1. Teknik
Tes tertulis
Unjuk kerja
2. Bentuk Instrumen
Uraian
Uji prosedur
3. Soal Instrumen
Uraian
– Jelaskan tata cara penyambungan internet menggunakan Dial-Up
Uji prosedur
– Melakukan penyambungan internet menggunakan Dial-Up

Rubrik Uji Prosedur
Instrumen Skala Kuantitas Nilai 1[(Jumlah-skor/31 )x10]
1 2 3 4
Melakukan setting Dial-Up
a) Klik 2 kali (double klik) My Computer kemudian double klik icon dial up networkingb) Kemudian double klik Make New Connectionc) Ketik nama provider pada type a name for the computer you are dialing, misalnya telkomnet kemudian tekan next, maka computer akan minta telephone number beserta area code dan country or region code – nya. Nomor telephone telkomnet adalah 0809989999, kemudian tekan next dan selanjutnya tekan finish

Malang, 26 Juli 2006
Guru Mata Pelajaran TIK

…………………………….
NIP. :

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SMP/MTs :
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi & Komunikasi (TIK)
Kelas/Semester : IX (sembilan) / 2 (dua)
Standar Kompetensi : 2. Menggunakan Internet untuk memperoleh Informasi
Kompetensi Dasar : 2.1. Mendemonstrasikan akses internet sesuai dengan prosedur
Indikator : · Mengidentifikasi perangkat lunak yang digunakan untuk mengakses Internet· Menulis nama-nama domain di address bar· Melakukan pelacakan alamat Web melalui Search Engine
Alokasi Waktu : 4 x 40 menit ( 2 x Pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu :
· Mengidentifikasi perangkat lunak yang digunakan untuk mengakses internet
· Mengidentifikasi nama domain internet
· Membuka situs
· Mengidentifikasi situs yang menyediakan search engine internet
· Melakukan pelacakan alamat Web melalui search engine

B. Materi Pembelajaran
Akses Internet
· Perangkat lunak yang digunakan untuk mengakses internet
· Penulisan nama domain
· Search Domain

C. Metode Pembelajaran
Pedekatan Model Contekstual Teaching Learning (CTL) dan life skill

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
pertemuan pertama ( 2 x 40 )
1. Kegiatan pendahuluan
· Menayangkan beberapa contoh tentang penggunaan internet
· Menyampaikan tujuan pembelajaran
2. Kegiatan Inti
· Pserta didi membentk kelompok diskusi
· Mengamati perangkat lunak yang terinstal dikomputer yang digunakan mengakses internet
· Mencari informasi di media cetak (buku, majalah dsb) tentang perangkat lunak yang digunakan untuk akses internet
· Membuka perangkat lunak yang digunakan untuk akses internet
· Melakukan pengetikan domain pada address bar
· Mengerjakan lembar kerja

E. Kegiatan penutup
1. Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
2. Menarik kesimpulan tentang pemelajaran perangkat Teknologi Informasi dan Komunikasi

Pertemuan kedua (2 x 40 menit)
1. Kegiatan Pendahuluan
Motivasi dan Apersepsi (dideskripsikan)
2. Kegiatan Inti
· Peserta didik membentuk kelompok diskusi
· Mencari informasi di media cetak (buku, majalah dsb.) tentang situs yang menyediakan search engine
· Membuka situs yang meyediakan search engine
· Melakukan pelacakan web dan informasi melalui fasilitas search engine
· Mengerjakan lembar kerja
3. Kegiatan Penutup
· Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
· Menarik kesimpulan tentang pembelajaran akses internet

F. Sumber Belajar
Komputer, lembar kerja, buku paket, koneksi internet, media cetak (majalah dsb)

G. Penilaian
1. Teknik
Observasi dan Unjuk kerja
2. Bentuk Instrumen
Lembar observasi dan Uji prosedur
3. Soal/Instrumen
Observasi
a) Tunjukkan perangkat lunak yang digunakan untuk mengakses internet yang terinstall di computer!
b) Tunjukkan situs yang menydiakan fasilatas search engine!
c) Carilah situs tentang penjualan computer!

Uji Prosedur
a) Bukalah internet dengan perangkat lunak yang telah terinstall di computer!
b) Akseslah situs komersial, pemerintah, organisasi, dan pendidikan yang ada di internet!

Lembar observasi
Instrumen Skala Kuantitatif Nilai 1[(Jumlah / 8 )x10]
1 2 3 4
1. Menunjukkan perangkat lunak untuk mengakses internet
2. Menunjukkan situs yang menyediakan fasilitas search engine
Jumlah

Rubrik Uji Prosedur
Instrumen Skala Kuantitatif Nilai 1[(Jumlah/16 )x10]
1 2 3 4
1. Membuka perangkat lunak untuk mengakses internet
2. Penulisan domain
3. Membuka situs
4. Mencari situs / informasi
Jumlah

Malang, 26 Juli 2006
Keterangan : Guru Mata Pelajaran TIK

Penilaian
Nilai KD = (Nilai 1 + Nilai 2)/2
…………………………….
NIP. : ……………………..

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SMP/MTs :
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi & Komunikasi (TIK)
Kelas/Semester : IX (sembilan) / 2 (dua)
Standar Kompetensi : Memahami dasar – dasar penggunaan Internet/intranet
Kompetensi Dasar : 2.2. Mengidentifikasi beberapa layanan informasi yang ada di internet
Indikator : 1. Mendeskripsikan manfaat layanan internet 2. Mengidentifikasi manfaat layanan e-mail yang ada di internet
Alokasi Waktu : 8 x 40 menit ( 3 x Pertemuan)

1. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu :
· Melalaui tayangan Internet Explore peserta didik dapat mengidentifikasi layanan yang ada di internet
· Dengan menggunakan layanan internet peserta didik dapat mengidentifikasi manfaat layanan internet
· Dengan studi pustaka peserta didikdapat mengetahui manfaat layanan internet
· Dengan studi pustaka peserta didikdapat membuat email, mengirim e-mail, mnerima dan membuka e-mail

2. Materi Pembelajaran
· Layanan internet ( e-mail )

3. Metode Pembelajaran
Pendekatan : Contekstual Teaching Learning (CTL)
Model : Cooperative Learning

4. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
pertemuan pertama ( 2 x 40 )
1. Kegiatan pendahuluan
· Menyampaikan tujuan pembelajaran
2. Kegiatan Inti
· Melihat tayangan pelayanan yang ada di internet
· Peserta didik membuat emai dengan menggunakan e-mail gratis dari yahoo
· Membuka salah satu situs yang memiliki layanan e-mail gratis
3. Kegiatan penutup
Menarik kesimpulan tentang layanan internet
Perteman kedua (2 x 40)
1. Kegiatan pendahuluan
· Mendeskripsikan pertemuan sebelumnya
· Menyampaikan tujuan pembelajaran
2. Kegiatan Inti
· Peserta didik membentuk kelompok diskusi
· Membuka berbagai alamat Web
· Menyimpulkan manfaat layanan internet
· Mencari informsi di media cetak tentang manfaat internet
3. Kegiatan penutup
b. Merefleksikan kembali materi layanan internet
c. Membuat kesimpulan

Pertemuan ketiga (2 x 40)
1. Kegiatan pendahuluan
· Motifasi dan apresiasi
2. Kegiatan Inti
· Peserta didik membentuk kelompok diskusi
· Membuka Web yang membuka layanan email gratis ( yahoo)
· Membuka fasilitas email di yahoo
· Melakukan proses registrasi ( Sign up now)
· Memilih email gratis (sign up for yahoo email)
· Mengisi formulir
· Menyetujui formulir (agree)
· Membuka email yang telah dibuka
· Membuka email yang masuk
· Membuka dan mengirim email
A. Kegiatan penutup
d. Merefleksikan kembali materi yang telah disampaikan
e. Membuat kesimpulan

B. Sumber Belajar
Komputer, lembar kerja, buku paket, koneksi internet.

C. Penilaian
1. Teknik
Observasi
Tes tertulis
2. Bentuk Instrumen
Lembar Observasi
Uraian
3. Soal Instrumen
Lembar Observasi
1. Tunjukkanlah layanan yang terdapat diinternet !
Uraian
1. Jelaskan manfaat layanan internet (e-mail)!

Lembar Observasi
Instrumen Skala Kuantitas Nilai 1[(Jumlah-skor/8 )x10]
4 3 2 1
1. Tunjukkanlah langkah – langkah untuk membuat alamat e-mail gratis melalui Yahoo
2. Melakukan pengisian formulir registrasi
3. Membuka surat (e-mail) masuk
4. Mengirim atau membalas e-mail

Malang, 26 Juli 2006
Guru Mata Pelajaran TIK

…………………………….
NIP. :

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SMP/MTs :
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi & Komunikasi (TIK)
Kelas/Semester : IX (sembilan) / 2 (dua)
Standar Kompetensi : Memahami dasar – dasar penggunaan Internet/intranet
Kompetensi Dasar : 2.3. Mengakses beberapa situs untuk memperoleh informasi yang bermanfaat
Indikator : 1. Men-download informasi2. Mengolah informasi menggunakan program pengolah kata dari hasil download
Alokasi Waktu : 4 x 40 menit ( 2 x Pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu :
· Melakukan pelacakan dengan mengakses internet
· Melakukan proses download
· Melakukan proses penyimpanan hasil download
· Melakukan pengolahan informasi melalui download dengan program pengolah kata

B. Materi Pembelajaran
a. Men-download informasi dari internet
b. Pengolahan informasi dari internet

C. Metode Pembelajaran
Pendekatan model Contekstual Teaching Learning (CTL)

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
pertemuan pertama ( 2 x 40 )
1. Kegiatan pendahuluan
· Mengingatkan kembali pembelajaran terdahulu
· Menyampaikan tujuan pembelajaran
2. Kegiatan Inti
· Peserta didik membentuk kelompok
· Membuka Web yang dipilih
· Mencari informasi dan memilih tentang pendidikan
· Melakukan proses down load
· Menyimpan hasil down load pada media penyimpanan data
· Mengerjakan lembar kerja
3. Kegiatan penutup
– Melakukan resume hasil proses download
Perteman kedua (2 x 40)
1. Kegiatan pendahuluan
· Mengingatkan kembali pembelajaran terdahulu
· Menyampaikan tujuan pembelajaran
2. Kegiatan Inti
· Peserta didik membentuk kelompok
· Membuka kembali hasil down load dengan program pengolah kata
· Mengolahnya hingga mendapatkan informasi sebagai karya tulis
3. Kegiatan penutup
– Mengolah informasi yang diperoleh menggunakan program pengolah kata

E. Sumber Belajar
Komputer, lembar kerja, buku paket, koneksi internet.

F. Penilaian
1. Teknik
Tes Unjuk kerja

2. Bentuk Instrumen
Tes identifikasi
Uji Prosedur produk

3. Soal / Instrumen
Tes identifikasi
1. Tunjukkanlah cara mencari informasi pendidikan di internet !
2. Bukalah situs yang memerikan informasi tentang pedidikan tersebut!
3. Pilihlah informasi penting dan download lah !
4. Simpanlah ke media penyimpanan data

Uji Prosedur produk
1. Bukalah hasil down load dengan program pengolah kata!
2. Olah hingga berbentuk informasi!
3. Hiasi dengan tampilan menarik dan cetaklah!

Malang, 26 Juli 2006
Guru Mata Pelajaran TIK

…………………………….
NIP. :

Tentang GURU TAPTENG

KUMPULAN
Pos ini dipublikasikan di Perangkat Pembelajaran. Tandai permalink.

13 Balasan ke FORMAT RPP TIK KELAS IX SMP

  1. shobah berkata:

    ass.
    Mohon dikirimi artikel tentang CTL
    1. Sistem Pembelajaran
    2. Sistem pelaksanaan
    3. Evaluasi pembelajaran
    makasih atas perhatiannya
    wss.

  2. An99a berkata:

    Wah bagus neeh sebagai referensi, semoga lebih banyak dan sempurna pembuatan RPP kedepannya, trims

  3. BU nich tugas yang ibu kasih ke sondita tentang mengukur kecepatan akses internet pada ISP telkomnet instant, terus keluar na kaya yang di atas.
    nama:Sondita
    Klas:IX-2
    No Absen 39
    Thanks Bu Rahma

  4. Une Sasmita berkata:

    Minta RPP pelajaran lainnya

  5. yusuf berkata:

    Terima kasih RPPnya semoga bermanfaat

  6. Elly Sofa berkata:

    makasih info2nya. Tolong klu bisa di buatkan materi2 TIK, biar guru2 TIK yg bukan lulusan TIK bisa tambah pinter. makasih ya………….

  7. ernawaty k berkata:

    terimah kasih

  8. acid burn berkata:

    pak saya minta format rpp yang baru donk, nanti tolong kirim ke email sekolah yah…..

    thanks for u attention.

  9. yenti berkata:

    terima kasih atas RPP yang telah diberikan disini, saya selaku guru TIK di sumbar sangat bersyukur sekali adanya RPP di sebarkan di internet. masalahnya saya sampai sekarang belum memiliki RPP kelas IX.

  10. rinrembang berkata:

    wah, oke jg nih RPPnya. Kk cuma klas. IX aja, klas VII n Klas VIII mana? Tak tunggu ya. Tq.

  11. deden berkata:

    bagus bgt neh

  12. nadiri berkata:

    ada artikel yang cukup menarik nih tentang kecepatan akses internet di blog k-4-s.info
    Kenali Kecepatan Internet
    siapa tahu bermanfaat

  13. Ridwan SMK berkata:

    Mohon kirimkan RPP TIK SMP/MTS kelas IX. maksih sebelumnya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s