BERSIAPLAH, UN 2007 SUDAH DEKAT !!!

Ujian Nasional (UN) 2007 sudah diambang pintu. Para siswa calon peserta UN sudah tidak adalagi waktu untuk main-main, karena sesuai dengan petunjuk pada minggu ketiga atau keempat April 2007 UN Nasional 2007 segera akan dilaksanakan. Untuk itu, agar hasilnya maksimal, tentu saja para siswa calon peserta UN harus mempersiapkan diri, dengan harapan bisa lulus, dan dapat melanjutkan pada tinggkat yang lebih tinggi lagi.

Sebetulnya, yang sibuk mempersiapkan diri itu, ternyata bukan hanya siswa saja, bahkan para guru, termasuk kepala sekolah juga ikut sibuk. Karena keberhasilan atau kegagalan dari UN ini nantinya akan dimungkinkan dijadikan oleh sebahagian masyarakat sebagai penilaian berhasil tidaknya sebuah lembaga sekolah, tentunya dalam hal ini yang jadi sasaran adalah “kepemimpinan” kepala sekolahnya. Itulah sebabnya para kepala sekolah sejak sejak sekarang sudah mulai sibuk dalam mempersiapkan segala sesuatu yang yang berkenaan dengan Ujian Nasional ini.

Lain lagi halnya para guru. Para guru yang kebetulan menangani materi pelajaran yang di UN -kan seperti, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Matematika. Mereka juga sibuk, dengan harapan agar jangan terjadi kegagalan yang sangat berarti dari materi pelajaran yang diajarkannya.

Semuanya sibuk, siswa sibuk, kepala sekolah sibuk, guru sibuk, sekarang orangtua bagaimana ? Para orangtua tentunya sangat diharapkan sekali partiosipasinya, untuk membina anaknya di rumah. Jangan nanti kalau terjadi kegagalan pada anaknya dalam menghadapi UN yang disalahkan hanyalah pihak sekolah saja, padahal peran orangtua juga sangat membantu sekali atas kesuksesan anaknya.

Kalau seandainya terjadi kegagalan, jangan sampai saling menyalahkan. Mari kita renungkan sampai sejauh mana persiapan kita dalam menghadapi Ujian Nasional tersebut. Sedangkan kalau berhasil, jarang orang “memikirkan ” bagaimana perjuangan guru, sehingga anak-anaknya bisa berhasil, bahkan yang sedihnya adapula yang ‘tidak sempat’ untuk mengucapkan terimakasih. Tapi memang sejak dulu itulah nasib guru, kalau berhasil anak didiknya tidak ada yang memuji gurunya, namun kalau siswanya gagal maka gurunyalah yang disalahkan.

Akankah kita para guru seperti ini terus ? Jawabnya terserah pada kita masing-masing. Yang jelas, sekarang bagaimana kita mempersiapkan UN 2007 sehingga semua anak-anak kita berhasil lulus , seperti juga yang diharapkan para orangtua masing-masing siswa. selamat menghadapi UN 2007. Wannef Jambak/ SMP Negeri 2 Sirandorung.

Tentang GURU TAPTENG

KUMPULAN
Pos ini dipublikasikan di Tentang UN 2007. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s